INOVASI SEGO THIWUL DALAM PELAYANAN PERTANAHAN KABUPATEN WONOGIRI

Penulis

  • Ruslina Dwi Wahyuni Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti Wonogiri

Kata Kunci:

Inovasi Pelayanan, Segothiwul, Pelayanan Pertanahan, Kualitas Pelayanan

Abstrak

Artikel ini bertujuan menggambarkan bagaimana inovasi pelayanan pertanahan di Kabupaten Wonogiri. Dengan latarbelakang adanya keluhan dan pengaduan masyarakat yang bersumber pada Ombudsman RI selaku Lembaga negara yang bertugas mengawai penyelenggaraan pelayanan public, sehingga perlu adanya perbaikan dalam system pelayannya. Dalam artikel ini penulis menggunakan lima atribut inovasi dari Rogers, dimensi Kualitas Pelayanan dari Zeithaml dan Parasuraman. Metode penelitian deskriptif kualitatif. Artikel ini menggambarkan pelaksanaan inovasi pelayanan berbasis teknologi informasi yang namanya disesuaikan dengan kearifan lokal masyarakat Wonogiri yaitu “Sego Thiwul”. Inovasi dalam pelayanan pertanahan ini merupakan salah satu strategi guna peningkatan kualitas pelayanan pertanahan di Kabupaten Wonogiri. Dengan adanya “Sego Thiwul” diharapkan pelayanan dapat lebih mudah cepat dan efektif dan efisien. Implementasi inovasi pelayanan tersebut merupakan proses peningkatan system pelayanan umum dari  standart di Kantor Pertanahan seluruh Indonesia. Inovasi tersebut memnuhi atribut inovasi sesuai dengan teori Rogers tetapi harus dilakukan upaya pemeliharaan dan perbaikan yang berkesinambungan baik fasilitas fisik, system maupun Sumber Daya Manusia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-09-09 — Diperbaharui pada 2022-09-27

Versi

Cara Mengutip

Wahyuni, R. D. (2022). INOVASI SEGO THIWUL DALAM PELAYANAN PERTANAHAN KABUPATEN WONOGIRI. LAPAGO SOciety, 2(1). Diambil dari https://lapago.unaim-wamena.ac.id/index.php/lapago/article/view/14 (Original work published 9 September 2022)